Tutorial Budidaya Tembakau

 Langkah-langkah Cara Menanam Tembakau

Dengan hal-hal yang sudah dijelaskan di atas tadi maka tentunya Anda sudah jelas bagaimana cara menanam tembakau berkualitas secara baik dan benar, yaitu tembakau ditanam pada saat musim kemarau. Berikut ini kami akan memberikan ulasan tentang bagaimana cara menanam tembakau berkualitas:

  1. Pemilihan bibit tembakau yang sudah berusia minimal 35 hari, bibit tanaman tembakau diusia minimal 35 hari akan siap untuk ditanam karena akar pada bibit tembakau tersebut sudah kuat dan siap untuk menyesuaikan pada lahan yang baru.
  2. Olah lahan tanah yang akan ditanam yaitu dicangkul atau digemburkan secara merata dengan kedalaman minimal 25 cm, penggemburan dilakukan agar tanah menjadi gembur dan subur agar tanah menunjang untuk dijadikan media tanam.
  3. Buatlah lubang secara berbanjar menggunakan cangkul yang di iringkan yaitu kira-kira dengan kedalaman 10 cm, lubang tersebut yang nantinya akan digunakan sebagai media tanam.
  4. Masukkan pupuk kandang kedalam lubang yang sudah dibuat yaitu dengan sebanyak kira-kira satu kepal tangan orang dewasa, untuk pemberian pupuk ini khusus pada tanaman tembakau tidak terlalu banyak karena tanaman tembakau adalah jenis tanaman yang mudah untuk bertumbuh.
  5. Setelah itu diatas pupuk kandang bisa ditambahkan pupuk KCL yaitu sebanyak 1 sendok makan, pemberian pupuk KCL tersebut cukup keatas pupuk kandang yang sudah dimasukkan kedalam lubang.
  6. Diatas pupuk kemudian ditutup menggunakan tanah biasa dengan kadalaman kira-kira disekitar 3 cm hingga 5 cm.
  7. Sebelum ditanam bibit tembakau yaitu pada lahan yang sudah ditutup tanah maka perlu dilakukan pelubangan terlebih dahulu cukup menggunakan jari tangan orang dewasa, yaitu dengan ukuran kira-kira cukup dijadikan untuk menanam bibit tembakau.
  8. Tanam tembakau yang sudah siap ditanam yaitu minimal berusia 35 hari kedalam lubang yang sudah di buat tadi.

Cara Perawatan Tanaman Tembakau

Setelah beberapa langkah diatas selesai dilakukan maka langkah selanjutnya yaitu adalah perawatan. Berikut ini adalah perawatan didalam cara menanam tembakau berkualitas:

  1. ada usia tanam 2 bulan alangkah baiknya di beri pupuk putih pada tanaman yaitu dengan jarak minimal 5 cm, jarak tersebut tidak terlalu dekat agar tanaman tidak mati.
  2. Saat tanaman berusia sekitar 70 hari maka pucuk tembakau sebaiknya dipotong, hal ini bertujuan agar tanaman tembakau tidak bertumbuh tinggi menjulang sehingga daun pada tembakau menjadi lebar.
  3. Tunggulah tanaman tembakau hingga berusia 5 bulan maka tembakau siap untuk dipanen.

Komentar

Postingan Populer